Type to search

Good Parenting

Ingin Anak Jadi Hafidz Quran? Berikut 7 Tips Mengajarkan Anak Hafal Al Quran

Tips anak menjadi seorangi hafidz Al Quran

Setiap orangtua beragama Islam tentu ingin agar anak- anaknya pintar membaca Al Quran. Bahkan tidak sedikit yang ingin anak- anaknya sekaligus menjadi seorang Hafidz Quran. Meski begitu, bukan perkara mudah untuk mengajari anak menghafal Alquran. Lantas, bagaimana cara paling efektif dalam mengajari mereka?

Mengajari anak menghafal Alquran bisa dilakukan sedini mungkin, terutama saat mereka masih balita berusia di bawah dua tahun. Di usia tersebut, anak masih relatif mudah dibentuk kepribadiannya dan menyerap dengan baik ajaran dari kedua orangtuanya.

 

Tips Mengajari Anak Cara Menghafal Al Quran agar Menjadi Hafidz Quran

Selain memperkenalkan Al Quran sedini mungkin pada anak, orangtua juga perlu mengajarkan mereka untuk mencintai kita suci Quran dan terutama mempraktikannya dalam kehidupan sehari- hari.

Untuk para orangtua, berikut ini adalah tips mengajarkan anak cara menghafal Al Quran dengan baik :

  1. Membuat Anak Terbiasa dengan Ayat Suci Al-Quran

Cara terbaik untuk mengjaari anak menghafal Alquran adalah dimulai sedini mungkin, saat anak masih berada dalam kandungan. Orangtua yang sering membaca Alquran atau mendengarkan kaset tilawah saat hamil akan membuat telinga anak akrab dengan bacaan Alquran. Saat anak lahir, akan semakin mengajarinya cara membaca Quran.

 

  1. Gunakan Media Video untuk Belajar Al Quran

Ada banyak media modern yang semakin membantu anak untuk belajar Al Quran. Salah satu media terbaik adalah video bacaan Alquran yang dapat orangtua temukan di YouTube. Orangtua bisa memilihkan bacaan yang mudah terlebih dahulu atau ditampilkan dengan karakter kartun kesukaannya. Sambil melihat karakter favoritnya, anak dapat mengikuti bacaan Al Quran dan perlahan belajar menghafalnya.

 

  1. Menggunakan Flash Card

Flash card adalah kartu warna- warni berisi huruf hijaiyah yang membantu anak memhami bacaan Alquran. Untuk balita, flash card adalah salah satu media belajar Quran yang menyenangkan. Belajar dengan flash card bisa dimulai sejak anak berusia 6 bulan sehingga matanya terbiasanya dengan huruf- huruf hijaiyah.

 

  1. Menyetel Kaset Tilawah untuk Anak

Saat sering mendengarnya dimana- mana, maka akan semakin mudah bagi anak untuk menghafalnya. Hal ini juga berlaku pada proses menghafal Al Quran. Semakin sering anak mendengarkan, maka semakin mudah bagi ia menghafalnya. Jadi, membiasakan anak dengan Quran dapat dilakukan dengan cara memperdengarkan kaset tilawah sehingga ia akan selalu akrab dengan lantunan ayat suci.

 

  1. Bermain Menghafal Bersama Anak

Bermain menghafal adalah salah satu cara untuk menguji sampai dimana bacaan anak. Jika anak sudah menghafal surat- surat pendek, ajak anak untuk menunjukkan hafalannya.

Menghafal surat pendek dapat membantu anak terbiasa dengan bacaan Alquran dan menyimpannya dalam otak, sehingga akan lebih mudah baginya untuk mencerna surat lain yang lebih panjang. Selain itu, permainan menghafal juga membantu hafalan tersebut tetap melekat di otaknya.

Jika hafalan anak belum lancar, ajak untuk membaca ulang surat tersebut. Hindari untuk menghukumnya bila hafalannya tidak lancar karena ini dapat membuatnya ketakutan dan menghambat proses belajarnya.

Sebaliknya, terus dorong dan beri semangat anak untuk menghafal Alquran dengan cara memberitahu potongan ayat sehingga ia akan terus mengingat ayat yang sedang dibacanya.

 

  1. Membaca Hafalan Surat Pendek Sebelum TIdur

Jika sebelumnya anak terbiasa dinyanyikan lagu nina bobo sebelum tidur, maka orangtua dapat menggantikannya dengan bacaan ayat suci Alquran untuk membantu teling anak terbiasa dengan ayat suci.

Lebih baik lagi jika ornagtua mengajak anak menghafal surat- surat pendek yang mudah dihafal sebelum tidur agar hafalannya mudah meletak dalam otak anak. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka bacaan anak akan semakin lancar. Hal yang sangat kita harapkan ya, Ayah Bunda?

 

  1. Menjadikan Baca Al Qur’an sebagai Hobi

Membiasakan anak dengan Al Quran secara menyenangkan akan mendorong aktifitas ini menjadi hobi buah hati tercinta. Bukan hal mudah, namun dengan memberi teladan dan sering melakukannya bersama- sama setiap selesai sholat dan di waktu tertentu seperti subuh, sore, dan maghrib, hal in isangat mungkin dilakukan.

Orangtua dapat menjadi motor penggerak utama. Sedangkan untuk faktor pendukung, cobalah sediakan beragam permainan yang mengasah otak anak agar semakin mencintai Quran sehingga menghafalnya akan menjadi hal yang mudah dilakukan.

 

Semoga bermanfaat.

Comments

comments

Tags:

You Might also Like