Type to search

Kehamilan

Mirip PMS, Ini Dia 7 Ciri- ciri Hamil Muda yang Sering Terjadi

Ciri- ciri hamil muda yang mirip dengan PMS

Terutama di kelompok wanita muda atau wanita yang hamil untuk pertama kalinya, seringkali tanda- tanda kehamilan tidak disadari. Tidak jarang juga ada kekeliruan memahami antara ciri- ciri hamil muda dan PMS (sindrom pramenstruasi).

PMS dan hamil muda pada dasarnya mempunyai ciri- ciri yang sama karena terjadi perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh.

PMS ini sendiri adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan gejala psikologis dan fisik yang berkembang di beberapa titik usai perempuan mengalami ovulasi. Ovulasi ini terjadi selama pertengahan siklus menstruasi dan berakhir saat mulai menstruasi.

Saat PMS, perempuan mengalami pergolakan emosi dan beberapa perubahan fisik sementara. Seperti mudah marah, depresi, cepat kelelahan, kulit wajah berjerawat, perubahan nafsu makan, dan nyeri payudara.

Ciri- ciri Hamil Muda Mirip PMS

Tahukah Anda, 90 persen wanita seringkali mempunyai gejalan hamil yang mirip dengan menstruasi, seperti dikutip ParentingCenter.id dari MedicineNet. Lebih lanjut, apa saja ciri- ciri hamil muda yang mirip dengan sindrom premenstruasi? Simak ulasan lebih lanjut disini :

1. Suasana Hati Berubah Drastis

Perubahan suasana hati lazim terjadi pada wanita yang mengalami PMS atau hamil muda. Perempuan menjadi cepat marah, depresi, menangis, dan takut. Perasaan gelisah tanpa sebab juga sering muncul tanpa alasan.

2. Sakit kepala

Banyak wanita sering mengalami sakit kepala atau sakit kepala sebelah saat mengalami PMS atau tanda- tanda awal kehamilan. Sakit kepala ini sendiri diakibatkan karena pergantian hormon yang terjadi selama masa- masa tersebut.

3. Kram Perut

Kejang otot perut atau kram biasa terjadi pada PMS dan kehamilan dini. Kram yang sering terjadi di awal kehamilan ini mirip dengan rasa kejang otot saat menstruasi, namun bisa juga terjadi pada bagian bawah perut.

Dikutip dari Medical News Today, Kram otot di kehamilan bisa bertahan selama berminggu- minggu ataupun berbulan- bulan selama kehamilan, saat implan embrio dan rahim membentang. 

4. Sakit Punggung

Beberapa wanita mengalami sakit punggung saat siklus menstruasi mereka mendekat. Di sisi lain, sakit punggung juga jadi pertanda Ibu sedang berbadan dua. Sama seperti sakit kepala, sakit punggung pada ibu hamil ini dipengaruhi oleh perubahan hormonal.

5. Konstipasi

Hormon progesteron bisa mengakibatkan gangguan pencernaan, termasuk salah satunya sembelit. Ini terjadi karena kadar progesteron bertambah sepanjang paruh kedua dari siklus menstruasi.

Wasir juga bisa terjadi pada perempuan yang mengalami PMS. Sama halnya dengan perubahan hormonal di awal kehamilan juga bisa menyebabkan sembelit. 

5. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Perempuan akan lebih sering buang air kecil di saat PMS atau sedang hamil karena faktor hormonal. Dalam perubahan hormonal ini, aliran darah dan cairan ke ginjal menjadi lebih cepat sehingga membuat ibu hamil menjadi lebih sering pipis.

6. Nyeri Payudara

Faktor hormonal lain juga bisa menyebabkan nyeri pada payudara atau bahkan pembengkakan. Jadi jangan kaget jika selama masa PMS atau awal kehamilan, payudara terasa berat, sakit, atau sensitif.

Tags: