Type to search

Kesehatan Anak

Menurut Penelitian, Lingkungan yang Terlalu Bersih Bisa Picu Leukimia pada Anak

Menurut Penelitian, Lingkungan yang Terlalu Bersih Bisa Picu Leukimia pada Anak

Leukimia dikenal sebagai salah satu kanker yang umum terjadi pada anak- anak. Sampai saat ini, penyebab pastinya masih belum diketahui. Namun, beberapa kemungkinan yang bisa terjadi adalah karena faktor genetic, infeksi yang meningkatkan resiko leukemia, hingga sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Namun, sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa berada di lingkungan yang terlalu bersih dan bebas kuman bisa menjadi salah satu pemicu leukemia di masa kanak- kanak.

Dalam sebuah makalah berjudul “A causal mechanism for childhood acute lymphoblastic leukemia” yang dipublikasikan pada 21 Mei 2018 di Nature Review Cancer, Profesor Mel Greaves dari Institute of Cancer Research di London telah menghabiskan lebih dari 40 tahun untuk meneliti leukemia pada anak- anak.

Greaves belajar selama lebih dari 30 tahun tentang genetika, imunologi, biologi sel, epidemiologi, dan pemodelan hewan leukemia.

“Tapi itu selalu mengejutkan saya bahwa ada sesuatu besar yang hilang, kesenjangan dalam pengetahuan, mengapa atau bagaimana anak-anak sehat bisa memiliki leukemia, dan apakah kanker ini dapat dicegah,” tambahnya.

Dalam studinya, ia menemukan bahwa proses mutasi genetik dua langkah sebagai salah satu penyebab penyakit leukemia.

Langkah pertama, proses melibatkan mutasi genetic pra-lahir yang mempengaruhi janin dan mempengaruhi anak yang belum lahir menjadi leukemia. Meski begitu, hanya sekitar satu persen dari mereka yang lahir dengan resiko genetik ini, yang dapat benar- benar berkembang menjadi penyakit leukemia.

Langkah kedua,menurut Greaves bisa terjadi karena paparan infeksi. Terutama pada anak- anak yang tidak berinteraksi dengan bayi atau anak- anak lainnya, dan mempunyai masa kanak- kanak yang terlalu bersih selama tahun pertama kehidupannya.

“Penelitian ini sangat menunjukkan bahwa (leukemia) memiliki penyebab biologis yang jelas, dan dipicu oleh berbagai infeksi pada anak-anak yang kecenderungan sistem kekebalan tubuhnya belum benar-benar prima,” jelasnya.

Meski lingkungan yang terlalu bersih bisa menjadi salah satu pemicu leukemia pada anak, orangtua tentu saja tetap wajib memperhatikan kebersihan lingkungan. Jangan sampai informasi ini ditelan mentah- mentah dengan membiarkan ruangan di rumah kotor dan berantakan.

Tags:

You Might also Like