Type to search

Kehamilan

Tips Ampuh Mengatasi Varises saat Kehamilan Trimester Kedua

Tips Ampuh Mengatasi Varises saat Kehamilan Trimester Kedua

Ada berbagai masalah yang ibu hamil bisa alami di masa kehamilan. Mulai dari masalah yang berkaitan dengan psikis atau mental, hingga fisik. Misalnya saja mood swing, morning sick, payudara berubah ukuran hingga varises.

Varises dalam kehamilan sering muncul di trimester kedua. Perubahan fisik yang terjadi pada bumil menyebabkan pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena di bagian kaki akibat penumpukan darah. Alhasil, pembuluh vena terlihat keluar di bagian kaki dan terlihat berwarna keunguan atau biru.

Mencegah Varises saat Hamil

Varis umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi bisa membuat rasa tidak nyaman karena mengganggu dari sisi penampilan. Selain kehamilan ini sendiri, ada faktor lain seperti obesitas yang menjadi penyebab munculnya varises.

Jika bumil tidak ingin mengalami varises saat hamil di trimester kedua ini, ibu dapat mencoba beberapa tips ampuh ini sebagai pencegahan :

1. Hindari Gunakan High Heels saat Hamil 

Penggunaan high heels saat hamil bisa mempercepat terjadinya varises pada wanita. Bukan hanya pada bumil, tapi resiko varises juga mengincar untuk wanita yang terlalu sering menggunakan jenis sepatu ini.

Selain itu, high heels juga membuat kaki ibu cepat lelah dan pegal. Sehingga memang tidak disarankan untuk menggunakan high heels saat ibu sedang hamil.

2. Perhatikan Posisi Duduk Bumil

Untuk bumil bekerja, mencegah varises dapat dilakukan dengan memperhatikan posisi duduk saat bekerja. Pastikan ibu mengatur posisi kursi sesuai dengan tinggi kaki.

Duduk dengan kaki menggantung dapat membuat aliran darah bertumpuk di bagian kaki. Tujuannya adalah untuk menghindari kaki menggantung selama ibu beraktifitas di kantor.

Jika bumil beraktifitas dengan posisi duduk di lantai, pastikan kaki bisa diluruskan dengan mudah. Jika perlu, siapkan penyangga agar kaki nyaman dan tidak cepat mengalami kram. 

3. Hindari Pijat Jika Terjadi Varises

Banyak yang beranggapan kalau pijat, terutama di bagian khusus kaki dapat mengobat varises. Padahal, pemijatan bagian tersebut justru memperburuk keadaan. Akibatnya bisa fatal, mulai dari semakin melebar, atau malah pembuluh pecah.

Jika ini terjadi, kemungkinan tindakan yang diambil oleh dokter adalah operasi penutupan pembuluh vena.

4. Menggunakan Stocking Anti Varises

Agar menyamarkan varises, ibu dapat menggunakan stocking antivarises. Meski begitu, beberapa ibu hamil bisa jadi merasa kurang nyaman karena stocking seperti ini sering membuat kulit gatal- gatal.

Meski ada efek samping, tipe stocking ini sebenarnya cukup membantu pencegahan terbentuknya varises di bagian kaki. Mengapa? Karena stocking ini bekerja memberikan titik berat ke pembuluh di bagian kaki sehingga menghindari terbentuknya pelebaran pembuluh darah.

Jika bumil masih ragu untuk menggunakannya, cobalah untuk berkonsultasi lebih dulu dengan ahlinya.

5. Tetap Rajin Berolahraga Bantu Cegah Varises

Untuk mencegah varises, bumil bisa tetap melakukan olahraga secara rutin sejak awal kehamilan. Salah satu olahraga yang bisa ibu coba selama hamil adalah yoga dan senam kehamilan yang membantu ibu tetap bugar dan tubuh terasa lentur.

Perlu dicatat, meski olahraga dilakukan secara teratur, ibu hamil tetap mengalami perubahan fisik secara alami. Namun, olahraga akan membantu tubuh ibu untuk lebih nyaman dan sehat dalam menghadapi kehamilan ini.

Itulah 5 tips ampuh yang bisa membantu ibu untuk mencegah varises di kehamilan trimester kedua.

Tags:

You Might also Like