Type to search

Anak Stimulasi

Memilih Mainan Anak 1 Tahun agar Tumbuh Kembangnya Optimal

Jenis- jenis Mainan Edukasi untuk Anak, Manfaat dan Ciri- ciri Mainan yang Baik

Bermain selalu menjadi aktifitas yang menyenangkan untuk anak- anak. Di usia satu tahun, bermain menjadi salah satu kegiatan yang bukan hanya mengisi waktu anak- anak, namun juga membantu proses perkembangan fisik dan mentalnya.

Orangtua dapat memilihkan jenis mainan sesuai dengan usia anak karena di setiap tahapan usianyam anak sealu siap untuk mempelajari hal baru. Pada dasarnya mainan anak 1 tahun memang dapat ditemui dengan mudah. Namun yang terpenting, orangtua harus memilihkan yang paling sesuai.

 

Perilaku Umum Anak Usia 1 Tahun

Sebelum memilih mainan, ada baiknya kita mengenali terlebih dulu perilaku umum anak usia 1 tahun :

  • Anak 1 tahun sudah mengerti apa yang orangtua nya ucapkan
  • Ia seringkali meniru apa yang orangtuanya lakukan, misalnya pura- pura menelepon atau mengucapkan ‘daa…daaa…’ saat orangtua akan pergi
  • Rasa ingin tahunya semakin besar, sehingga ia kerap berpindah- pindah dari satu mainan ke mainan lainnya. Itu lah mengapa orangtua sebaiknya membelikan lebih dari satu jenis mainan
  • Ia sudah bisa mengantisipasi apa yang kita lakukan, misalnya saat melihat orangtuanya akan memakaikan jaket, maka ia dapat mengulurkan tangannya untuk dipakaikan jaket
  • Ia mulai lebih sering bersuara dan menggumamkan kata- kata dalam Bahasa yang ia pahami
  • Ia mulai sering mengekspresikan perasaan, seperti memeluk, tersenyum, menepuk, dan mencium

 

Apa Saja Mainan yang Sesuai untuk Anak 1 Tahun?

Berikut ini adalah berbagai pilihan mainan untuk anak usia 1 tahun :

  1. Kuda- kudaan, mobil- mobilan, kereta, dan sejenisnya yang dapat dinaiki dan digerakkan dengan kaki

Jenis mainan ini dapat membantu perkembangan fisik anak karena menggunakan kaki (bukan mesin) dalam menggerakan mainan tersebut. Dengan bantuan orangtua, anak dapat belajar kata- kata baru sepanjang permainan, seperti “jalan”, “stop”, “belok kiri”, dan “kanan”. Memberi jenis mainan ini untuk anak 1 tahun dapat memuaskan rasa ingin tahu mereka karena mereka dapat berpetualan dengan riang sambil berkeliling rumah atau salah satu ruangan di dalam rumah.

 

  1. Rumah- rumahan yang Dapat Dimasuki

Jenis mainan ini membantu perkembangan fisik anak karena mendorong mereka terus aktif bergerak, seperti merangkak, dan berjalan sambil memuaskan rasa ingin tahu mereka.

 

3.Baby Walker dengan Tombol Musik atau Suara

Baby walker Degnan musik biasanya dilengkapi dengan tombol aneka warna yang dapat mengeluarkan suara saat ditekan. Selain membantu anak berjalan, fitur mainan di Walker akan melatih anak mengingat tombol mana yang bila ditekan menghasilkan bunyi yang ia suka.

Saat menggunakan Walker, anak harus dalam pengawasan orangtua. Sebaiknya pilih lah Walker yang tidak beroda sehingga anak bisa belajar berjalan hanya dengan tempat duduk yang dapat bergeser saja.

 

  1. Mainan dengan Tema Binatang

Binatang akan selalu menjadi tema permainan yang menarik untuk anak. Mainan binatang ini bisa berupa boneka atau mainan berbunyi. Mainan jenis ini biasanya dimainkan sambil duduk dan tidak terlalu melatih gerak motoric kaki. Namun, anak dilatih untuk mengingat berbagai jeins binatang dengan mainan ini.

 

  1. Mainan yang Mengenalkan Anak dengan Warna, Huruf, dan Bentuk

Mainan jenis ini dapat melatih memori anak dalam mengingat berbagai hal. Mainan ini bisa dikombinasikan dengan rumah- rumahan agar semakin melatih fisik, memori, dan logika anak.

 

Pentingnya Peran Orangtua Dalam Mendampingi Anak Bermain

Memilih mainan yang sesuai untuk anak itu menyenangkan. Sebagai orangtua, hal yang tak kalah pentingnya adalah terlibat secara langsung dalam permainan mereka. Mendampingi anak bermain sama artinya dengan mendampingi proses belajar anak- anak.

Selain itu, bermain bersama juga melatih proses interaksi anak dengan orangtua, serta interaksi anak dengan lingkungan atau orang- orang di sekitarnya.

Selamat bermain bersama buah hati, Ayah Bunda!

Comments

comments

Tags: