Type to search

Kehamilan Kesehatan Ibu

Hamil Ada Kista, Bahayakah? Bagaimana Cara Mengobatinya?

Hamil Ada Kista, Bahayakah? Bagaimana Cara Mengobatinya?

Saat mendengar tentang kista, banyak dari wanita merasa cemas jika hal ini akan mempengaruhi kesehatannya dan mengagalkan program hamil yang dijalankan. Benarkah bahwa kista membuat wanita sulit hamil? Atau saat kita hamil dan punya kista, apakah ini akan berbahaya untuk ibu dan janinnya?

Kista Ovarium

Dikutip dari Penn Medicine, kista sebenarnya bisa tumbuh di beberapa organ reproduksi wanita, termasuk ovarium atau indung telur. Kista yang tumbuh di indung telur ini lah yang biasa kita sebut dengan kista ovarium.

Kista ovarium merupakan kantung cairan yang terbentuk di ovarium. Kista ovarium ini biasanya tidak bersifat kanker, namun bisa cukup berbahaya untuk kesehatan wanita.

Kista biasanya akan didiagnosis melalui USG atau tes pemindaian lainnya. Melalui USG, dokter akan melihat ukuran kista yang kita miliki. Sebagian besar kita sering tidak menimbulkan gejalan. Namun saat kista pecah, Anda bisa merasakan nyeri dan rasa tidak nyaman luar biasa.

Kista Membuat Wanita Sulit Hamil?

Jawabannya, tidak selalu. Namun saat kista disebabkan oleh kondisi mendasar seperti endometriosis, Anda mungkini bisa mempunyai masalah dengan kesuburan.

Endometriosis ini sendiri adalah kondisi dimana sel- sel dari lapisan rahim tumbuh di bagian luar rahim. Pertumbuhan ini lah yang menghalangi tuba falopi Anda sehingga darah terperangkan di dalam ovarium dan menyebabkan kista ovarium.

Endometriosis bisa mengurangi kesuburan wanita, namun masih memungkinkan wanita untuk hamil. Fakktanya, hampir 50 persen wanita dengan kasus infertilitas juga menderita endometriosis.

Beberapa hal yang bisa membantu wanita untuk menurunkan resiko terkena endometriosis, diantaranya :

  • Hindari konsumsi alkohol terlalu banyak
  • Kurangi konsumsi minuman kafein
  • Olahraga secara teratur

Kista dan PCOS

Penyeban paling umum dari kista ovarium adalah PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) atau sindrom ovarium polikistik. PCOS terjadi saat wanita mempunyai beberapa kista seukuran mutiara di ovariumnya. PCOS ini kerap menjadi penyebab utama infertilitas pada wanita.

Secara normal, ovarium wanita mengandung telur. Telur- telur ini dikeluarkan setiap bulan selama fase ovulasi dalam siklus menstruasi Anda. Telur terletak di kantung kecil yang disebut dengan foliker yang mengisi dengan cairan saat telur matang. Umumnya, folikel terbuka untuk melepaskan telur yang matang, lalu mengirimnya ke rahim untuk pembuahan.

Apakah benar kista membuat wanita sulit hamil?
Perempuan yang mengidap PCOS bisa membuat semua hormon yang dibutuhkan telur tidak matang sepenuhnya. Folikel tumbuh dan cairan menumpuk, namun telur tidak bisa dikeluarkan. Akibatnya, ovulasi tidak terjadi, dan folikel dapat berubah menjadi kista.

Saat ini terjadi, tubuh Anda mungkin gagal memproduksi hormon progesterone, yang dibutuhkan untuk menjaga siklus menstruasi Anda tetap teratur.

Hamil dengan Kista, Amankah?

Jika kista terus tumbuh sepanjang kehamilan, akan ada beberapa potensi masalah. Mereka mungkin saja pecah, terpelintir, atau bisa menyebabkan masalah persalinan dini hingga keguguran yang membahayakan ibu dan janin.

Inilah salah satu dari banyak alasan mengapa ibu hamil perlu rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan selama kehamilan.

Berkonsultasi dengan ahlinya akan membantu ibu hamil untuk sadar resiko sehingga mendapatkan perawatan terbaik saat hamil dengan kista. Dokter juga akan memberikan pengobatan terbaik agar Ibu bisa menjalani masa kehamilan yang lebih nyaman dan sehat meskipun mengidap kista.

Obat Alami Kista dengan Herbal

Banyak wanita dengan kista ovarium saat hamil memilih mengonsumsi herbal sebagai pengobatan alami. Salah satu tanaman alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kista saat hamil adalah Echinacea dan milk thistle.

Echinaea dan MIlk Thistle, Obat herbal alami untuk kista
Kedua herbal ini mempunyai khasiat untuk bisa meningkatkan proses kekuatan tubuh untuk bisa sembuh dengan sendirinya melawan kista.

Disclaimer: perlu dicatat, obat alami ini belum tentu cocok untuk segala kondisi tubuh. Ibu hamil sebaiknya berkonsultasi lebih dulu ke dokter kandungan atau bisa setelah meminum ramuan ini kondisi bumil justru terasa memburuk sebaiknya segera dihentikan.

Tags: