Type to search

Bunda Bekerja Kreatifitas Stimulasi

Bunda Merasa Lelah tapi Anak Terus Mengajak Bermain? Cobalah 6 Permainan Seru Ini

Permainan seru yang bisa dicoba dirumah saat bunda tengah lelah

Sering tidak bisa ditebak kapan anak suka tiba- tiba merengek untuk mengajak orangtuanya bermain bersama. Adakalanya Bunda sudah lelah dengan aktifitas harian, namun si kecil terus ingin mengajak Bunda bermain. Jika tidak menanggapinya dengan bijak, Bunda justru bisa emosi dan stress.

Namun, tahukah Bunda, ada beberapa permainan seru dengan anak yang bisa dilakukan di rumah meskipun Bunda sedang lelah. Sambil istirahat, Bunda tetap bisa mengajak anak untuk bermain bersama.

1. Permaianan Mencari Harta Karun
Permaianan mencari harta karun adalah salah satu jenis permainan yang bisa membuat anak menjadi lebih tenang. Tidak ada teriak- teriakan, tidak ada lari kesana kemari. Kondisi yang sangat menyenangkan saat fisik sudah mulai lelah ya, Bun? Hehehe….

Di permainan ini, mintalah anak untuk menemukan sebuah benda yang sebelumnya telah Bunda sembunyikan. Usahakan benda yang dicari anak ini adalah salah satu mainan favoritnya. Saat mainan ini disembunyikan, entah itu di bawah tumpukan pakaian atau di ruang bermainnya, dia akan bersuka cita untuk menemukan ‘harta karun’ nya.

2. Permainan Salon Kecantikan
Anak perempuan paling suka dengan permainan salon kecantikan. Berikan anak sisir rambut, roll rambut, jepitan, atau hair mist yang biasa Bunda gunakan. Setelah itu, biarkan ia bereksperimen melakukan makeover untuk Bunda sementara Bunda bisa sambil berbaring. Rasanya menyenangkan kan sekali- kali dimanjakan buah hati?

Untuk improvisasi, Bunda mungkin bisa menggunakan peralatan bodypainting jika tersedia di rumah. Dengan peralatan ini, anak dapat melukis di area tangan atau kaki Bunda. Selain membuat anak tenang, permainan ini juga mengasah kreatifitas sang buah hati.

3. Menjadi Juri di Ajang Kompetisi Bakat
Lagi ngetren ajang pencari bakat ya, Bun? Nah, yang bisa ngetren ini bisa Bunda sulap menjadi permainan seru bersama anak- anak. Biarkan mereka mengeluarkan energi mereka dengan bernyanyi, menari atau membuat dialog seolah- olah mereka sedang berada di atas panggung. Di sisi lain, Bunda bisa menikmati aksi si kecil sambil beristirahat.

4. Permainan Berkemah
SIapkan tenda mainan di dalam rumah, atur bantal dan selimut di dalamnya. Selanjutnya, ajak anak menikmati berkemah sambil menikmati musik akustik dan dongeng. Kabar baiknya, cara ini sekaligus akan membuatnya mudah merasa ngantuk sehingga Bunda juga bisa ikut tidur bersamanya. Seru, kan?

5. Permainan Peran
Bermain peran bisa menjadi salah satu permainan seru yang tidak menguras banyak energi. Ajak anak untuk melakukan berbagai peran yang ia inginkan. Misalnya, menjadi guru dan murid, atau dokter dan pasien. Bisa juga anak menjadi fotografer, sementara Bunda akan berperan sebagai model.

Gali saja beberapa jenis peran lain yang bisa untuk diterapkan di permainan ini. Permainan ini sangat seru dilakukan sementara Bunda bisa sambil bersantai di rumah.

6. Biarkan Anak Merasa Bosan
Bagaimana jika semua permainan sudah dicoba dan anak akhirnya bosan? Hmmm.. tidak ada salahnya untuk menawarkan pada anak untuk menentukan permainan selanjutnya. Saat anak merasa bosan, tanpa disadari hal ini juga bisa memancing daya imajinasi anak. Beri ruang untuk mereka berpikir permainan seru apa untuk dilakukan selanjutnya.

Jadi, sudah bisa diterapkan untuk buah hati tercinta kan, Bunda? Selain tidak menguras energi, jenis permaiann di atas juga dapat mengasah kreatifitas buah hati tercinta lho. Selamat mencoba!

Comments

comments

Tags: