Type to search

Anak

15 Kegiatan Seru untuk Melatih Motorik Halus Anak

Aktifitas melatih motorik halus anak

Tidak sedikit orangtua yang mengharapkan anaknya agar segera bisa menulis. Sayangnya, tidak sedikit orangtua yang kurang paham bagaimana cara mempersiapkan buah hatinya dengan baik.

Beberapa anak mungkin sudah mengenal bentuk- bentuk huruf dengan baik. Namun saat motorik halus mereka belum terasah dengan baik, maka untuk memegang pensil saja mereka bisa masih sangat kaku.

Nah, disinilah peran si motorik halus. Dengan melakukan banyak aktifitas seru yang melatih motorik halus anak, maka ada manfaat besar yang dapat anak rasakan, seperti otot- otot jari menjadi kuat, otot tangan berfungsi dengan baik, serta lentur dalam menggerakkan jari mereka.

 Aktifitas Kreatif untuk Motorik Halus Anak Usia 3-5 Tahun

Motorik halus anak tidak langsung baik begitu saja. Orangtua dapat berperan dalam melatih dan mengoptimalkannya melalui kegiatan seru yang bisa melatih motorik halus anak.

Tips ini dapat dicoba untuk anak- anak usia 3-5 tahun. Meski begitu, untuk anak di atas usia ini masih dapat menggunakannya dan mendapatkan manfaat yang sama baiknya :

  • Menggunting Kertas

Aktifitas menggunting kertas adalah aktifitas yang membutuhkan pengawasan orangtua atau orang dewasa lainnya. Pastikan juga orangtua sudah mengajarkan anak cara memegang gunting dengan benar. Cara memegang gunting yang benar dalah ibu jari dan jari tengah masuk ke dalam kedua lubang gunting, lalu jari telunjuk berada di bagian luar agar posisinya stabil saat gunting digerakkan. Sedangkan kedua jari lainnya menekuk kea rah telapak tangan. Belajar menggunakan gunting yang benar akan membantu menguatkan otot- otot jemari anak.

  • Melipat Kertas

Kegiatan melipat kertas untuk anak bisa dimulai dengan lipatan sederhana, seperti membentuk bangun datar, membuat amplop, tempat foto, dan yang lainnya. Manfaat dari kegiatan ini adalah menguatkan otot- otot telapak tangan dan jemari tangan, terutama saat anak melipat dan menekan lipatan.

  • Menghubungkan Titik- titik

Menghubungkan titik- titik sering menjadi salah satu kegiatan seru saat anak belajar di taman kanak- kanak. Biasanya, titik yang anak hubungkan akan membentuk sebuah gambar benda, seperti tumbuhan, hewat, alat transportasi, dan yang lainnya. Aktifitas ini dapat membantu anak menguatkan otot lengan anak dan jemari tangan anak. Usahakan untuk melakukan aktifitas ini di atas meja ya, Yah Bun, agar otot lengan anak dapat bekerja dengan lebih fleksibel.

Tips membuat tulisan tangan anak rapi dan mudah dibaca
Menghubungkan titik- titik dapat melatih motorik anak
  • Menyobek dan Mendaur Ulang Kertas

Menyobek dan mendaur ulang kertas ternyata juga salah satu kegiatan seru yang bisa melatih motorik halus anak, Yah Bun. Mintalah anak untuk menyobek kertas menjadi sobekan- sobekan kecil, lalu memasukannya ke dalam sebuah baskom berisi air. Selanjutnya, minta akan meremas- remas kertas berair itu sampai lembut.

  • Memecah Bubble Wrap

Bubble wrap sering kita temukan saat berbelanja barang yang pengemasannya beresiko rusak saat proses ekspedisi. Namun, ibu juga bisa membelinya di toko- toko plastis atau kardus. Untuk memainkannya, ajak anak memecahkan gelembung dengan jari secara berurutan. Misalnya saat kita memberikan satu lembar bubble wrap berisi 30 gelembung. Minta anak untuk memecahkan gelembung- gelembung tersebut dengan jari yang berbeda- beda. Setiap jari anak harus bisa memecahkan 10 gelembung.

  • Meronce

Agar anak dapat memegang pensil dengan benar, diperlukan kekuatan dan kelenturan otot jari tengah, telunjuk, dan jempol. Untuk menguatkan tiga jari ini, meronce adalah salah satu aktifitas motorik halus yang sangat membantu hal ini. Kita hanya perlu meminta anak memasukkan manik- manik ke dalam sebuah benang untuk membuat sebuah gelang atau kalung.

  • Memasang Tali Sepatu

Agar permainan ini lebih seru, orangtua dapat mengarahkan aktifitas ini menjadi sebuah kompetisi. Bersama dengan Bunda, ajak anak untuk memasukkan tali sepatu dan mengeluarkannya lagi dengan cepat dan cara yang benar. Pasti seru kan, Bun?

  • Memutar Koin

Memutar koin sering menjadi mainan yang seru untuk kita mainkan saat kecil. Dengan mendorong anak untuk memutar koin sekencang- kencangnya, hal ini dapat membantu mereka melenturkan otot kecil pada jari tangan.

  • Menempel Bentuk

Untuk mengawali kegiatan ini, persiapkan bentuk- bentuk yang sudah kita buat dari bahan kertas dan sudah digunting. Selanjutnya, minta anak untuk menempelkan bentuk- bentuk tersebut di sehelai kertas untuk kemudian dihiasi dan diwarnai.

  • Bermain Playdoh atau Wax

Permainan playdoh cukup populer di kalangan orangtua dan anak- anak. Permainan seru ini dapat membantu anak- anak melatih imajinasi mereka dengan membuat benda- benda sesuai dengan kreatifitas mereka.

Bermain playdoh baik untuk motorik halus anak
Bermain playdoh warna- warni/ via Pixabay
  • Menjiplak

Cobalah untuk membaut sebuah bentuk benda, seperti bintang atau lingkaran, di atas sebuah kertas karton. Lalu gunting bentuk tersebut dan minta anak untuk menggambar bentuk sesuai dengan cara menjiplak benda yang telah dibuat. Setelah itu, minta anak untuk menghiasai atau mewarnai bentuk- bentuk bintang yang telah selesai dibuat. Bentuk- bentuk benda ini juga bisa digabungkan dengan bentuk- bentuk lain yang bisa disusun menjadi sebuah cerita, misalnya saja dengan menambahkan bentuk langit, bulan, dan rumah.

  • Menggambar dan Mewarnai

Menggambar dan menjadi aktifitas favorit anak- anak. Untuk melakukan aktifitas ini, orangtua bisa mengajak anak berbagi tugas. Misalnya ibu kebagian tugas untuk menggambar, dan anak bertugas untuk mewarnai. Selain melakukan kegiatan menyenangkan, kegiatan ini juga dapat melatih motorik anak dan membantu anak menjadi kooperatif.

  • Permainan Menjahit

Untuk melakukan permainan ini, anak perlu mendapatkan pengawasan ekstra dari orangtua. Mainan ini biasanya melibatkan sepasang baju yang sama dan mempunyai lubang di dekat permukaan. Letak lubang pada baju juga biasanya juga sama. Selanjutnya, dua pasang baju ini perlu disatukan dengan seutas benang.

  • Memindahkan Barang dengan Jepitan Jemuran

Memindahkan barang- barang juga menjadi salah satu aktifitas seru untuk melatih motorik halus anak. Dalam permainan ini, cara kerjanya adalah memindahkan benda- benda berukuran kecil yang bisa dijepit dengan jepitan jemuran. Kita bisa meminta anak untuk memindahkan penghapus, pensil, atau benda lainnya dari satu tempat ke tempat lain.

  • Menyusun Puzzle dan Balok

Puzzle dan balok adalah jenis mainan yang banyak dijual di toko mainan anak. Permainan ini juga kerap menjadi property maianan wajib yang ada di sekolah TK dan PAUD. Jika Ibu sedang berburu mainan anak, dua mainan ini sangat direkomendasikan sebagai aktifitas bermain anak yang melatih motorik halusnya.

Kesimpulan

Jadi, ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk melatih motorik halus ya, Ayah Bunda? Saat tidak ada ide menikmati akhir pekan bersama buah hati, Ayah Bunda dapat menyusun jadwal melakukan kegiatan seru ini bersama ananda tercinta. Melakukannya bersama orangtua tentu akan membuat anak semakin bersemangat dalam mencoba banyak hal baru dan menyenangkan. Yuk, bikin jadwalnya segera! 🙂

Tags: