Type to search

Persalinan

6 Hal yang Wajib Bunda Persiapkan Saat Akan Melahirkan Caesar

6 Hal yang Wajib Bunda Persiapkan Saat Akan Melahirkan via Operasi Caesar

Karena alasan medis, operasi caesar kerap dilakukan demi keselamatan Ibu dan janin dalam kandungan. Saat akan menjalani proses persalinan caesar, kadang Ibu diliputi dengan berbagai kekhawatiran.

 

Persiapan Operasi Caesar

Maka dari itu, penting untuk melakukan persiapan terbaik saat akan melakukan operasi caesar. Apa saja yang wajib Ibu siapkan menjelang melahirkan caesar? Berikut hal- hal yang Ibu wajib perhatikan :

1. Lakukan Tes Kesehatan

Menjelang operasi caesar, dokter biasanya akan meminta Ibu untuk melakukan serangkaian tes, mulai dari tes darah, tes urin, tes jantung, dan beberapa tes lainnya. Tes ini penting dilakukan untuk memastikan Ibu dalam keadaan siap dan sehat sehingga operasi nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Misalnya saja tes darah, hal ini dilakukan untuk mengetahui kadar hemoglobin serta golongan darah yang Ibu miliki. Tes ini berguna sebagai persiapan transfuse jika memang Ibu membutuhkannya.

 

2. Puasa Sebelum Operasi

Biasanya dokter akan meminta Ibu untuk berpuasa selama 4 – 6 jam menjelang operasi dilakukan. Namun karena setiap Ibu punya kondisi tubuh yang berbeda, sebaiknya hal ini dikomunikasikan Degnan dokter terlebih dulu mengenai perlu atau tidaknya puasa dilakukan sebelum operasi caesar. Jika memang perlu dilakukan, jangan lupa untuk sahur terlebih dahulu satu jam sebelum puasa dilakukan ya, Bunda!

 

3. Mencukur Rambut Kemaluan

Persiapan lain sebelum operasi caesar yang disarankan adalah mencukur bulu kemaluan. Bercukur rambut kemaluan ini sebaiknya dilakukan Ibu saat masih di rumah. Tujuannya adalah meminimalisir terjadinya infeksi di lokasi pembedahan pasca bayi dilahirkan. Saat mencukur, pastikan Ibu menggunakan alat cukur yang steril ya agar terhindar dari iritasi dan infeksi.

 

4. Siapkan Perlengkapan Persalinan

Sebelum berangkat ke rumah sakit, pastikan Ibu sudah mempersiapkan perlengkapan persalinan yang harus dibawa, seprti pakaian yang nyaman dan longgar, perlengkapan bayi, selimut tebal, dan perlengkapan lainnya. Jika diperlukan, Ibu juga bisa membawa perlengkapan mandi seperti sikat gigi, sabun mandi, hingga facial wash agar Ibu nyaman untuk membersihkan diri.

 

5. Cobalah Rileks dan Nyaman

Persalinan normal maupun caesar pasti menimbulkan rasa deg- degan yang sering membuat Ibu tegang saat masuk ruang persalinan atau ruang operasi. Padahal, penting untuk merasa se-rileks mungkin.

Jika perlu, cobalah minta ijin kepada dokter untuk memutarkan musik agar suasana menjadi lebih rileks. Bahkan sekarang tidak sedikit dokter yang menawarkan pasien mereka untuk menyalakan musik pelan selama proses operasi caesar dilakukan. Jangan ragu untuk bertanya ya, Ibu!

 

6. Persiapan Mental Tidak Kalah Penting

Bukan hanya persiapan fisik, tapi Ibu juga perlu mempersiapkan mental dengan sebaik- baiknya. Selain berusaha se-rileks mungkin, cobalah untuk terus berpikir positif dan tenang. Yakinlah bahwa operasi caesar ini akan berjalan dengan lancar, dan Ibu akan segera bertemu dengan malaikat kecil yang sudah ditunggu- tunggu 🙂

 

Semoga artikel ini membantu Ibu untuk mempersiapkan persalinan caesar dengan lebih baik lagi ya…

 

Comments

comments

Tags:

You Might also Like