Type to search

Persalinan

7 Hal yang Bunda Perlu Siapkan Saat Berencana Operasi Caesar

Persiapan persalinan dengan operasi caesar

Melahirkan dengan metode operasi caesar kerap dipilih Ibu atas saran dokter karena ada pertimbangan medis tertentu. Meski begitu, kita tak menampik adanya kemungkinan ibu yang ingin melakukan persalinan secara caesar atas keinginan sendiri.

Operasi caesar ini sendiri biasanya sudah direncanakan Ibu saat dalam kondisi hamil. Jika memang Ibu sudah mempunyai rencana untuk melakukan persalinan caesar, tentu persiapan matang perlu dilakukan demi kelancaran proses opersi itu sendiri, dan momen- momen pasca operasi, seperti kegiatan mama saat sudah harus mengurus buah hati di rumah.

Hal- Hal yang Harus Dipikirkan Saat Berencana Operasi Caesar

Bicarakan dengan Suami

Operasi caesar, terutama jika ini merupakan persalinan pertama Ibu dengan caesar, tentu saja ada rasa cemas yang menyelimuti hati dan pikiran. Di saat seperti ini, dukungan dari Ayah sangat dibutuhkan. Sampaikanlah keluhan Ibu dan apa yang Ibu perlu disiapkan dan dilakukan sebelum dan sesudah operasi.

Ajak suami bersama- sama belajar tentang hal- hal terkait operasi caesar agar dukungan dari Ayah dapat maksimal dan membantu Ibu nyaman dalam menikmati proses persalinan dan recovery.

Pelajari Apa itu Operasi Caesar

Ibu dan Ayah perlu membaca banyak informasi terkait operasi caesar ini. Apa saja yang perlu disiapkan, bagaimana prosedurnya, bagaimana agar proses recovery caesar berjalan baik, dna lain sebagainya.

Banyak ibu yang percaya bahwa operasi caesar menakutkan. Padahal, operasi caesar kerap digunakan sebagai tindakan teraman untuk persalinan di beberapa situasi. Dengan mengetahui lebih banyak tentang operasi caesar, Ibu diharapkan bisa lebih tenang dan nyaman menjelang tindakan dilakukan.

Konsultasi dengan Dokter

Masih ada keraguan terhadap tindakan operasi caesar? Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Melalui dokter kandungan, Ibu akan mendapatkan sumber informasi valid yang bisa Ibu percaya. Ungkapkan semua keraguan Ibu, dan biarkan ahlinya menjawab setiap pertanyaan dan keraguan dari Ibu. Dengan begitu, Ibu dapat menyiapkan diri dengan lebih baik lagi.

Siapkan Dana Operasi

Dibandingkan dengan persalinan normal, tindakan operasi caesar memakan biaya yang jauh lebih besar. Maka dari itu, pastikan Ibu sudha mempersiapkan dananya, terutama jika tidak mengikuti program asuransi apapun atau program jaminan sosial pemerintah.

Jika mengikuti program asuransi atau program jaminan sosial pemerintah, cari tahu secara lengkap apa saja yang di-cover dan tidak di-cover atau apakah ada limit total biaya yang ditanggung. Dengan begitu, Ibu sudah bersiap- siap jika ternyata ada biaya tambahan yang perlu dibayarkan.

Siapkan Perabotan Rumah dan Perawatan Pasca Operasi di rumah

Ibu tidak perlu membeli perabotan baru hanya karena menjalani operasi caesar. Namun, ibu hanya perlu mengatur perabotan rumah untuk persiapan kondisi tubuh Ibu usai pulang dari rumah sakit nanti.

Selama proses pemuliah di rumah pasca operasi, bergerak adalah salah satu tantangan tersendiri untuk Ibu. Bekas luka operasi seringkali menimbulkan rasa nyeri yang sangat sakit. Selain melakukan perawatan yang disarankan dokter, tidak ada salahnya untuk mengatur perabotan rumah agar lebih praktis.

Contohnya adalah dengan menggeser meja di sebelah tempat tidur yang berisi botol air minum, charger ponsel, cemilan, serta remot televisi. Dengan begitu, Ibu tidak perlu terlalu sering bangun dari tempat tidur yang tentunya membuat nyeri Ibu semakin terasa.

6 Hal yang Wajib Bunda Persiapkan Saat Akan Melahirkan via Operasi Caesar

Rencana Proses Menyusui

Berbeda dengan persalinan normal dimana Ibu bisa segera menyusui bayinya, saat persalinan dilakukan secara caesar, hal ini cenderung lebih sulit. Pasca operasi, kadang fisik Ibu belum siap untuk bisa langsung menyusui. Belum lagi jika Ibu atau buah hati membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Seringkali perawat atau bidan memberikan susu formula untuk bayi. Namun jika Ibu tetap ingin dibantu untuk memberikan ASI eksklusif, cobalah untuk menyampaikannya sebelum tindakan operasi caesar dilakukan.

Olahraga Teratur

Mesi ibu tahu akan menghadapi persalinan dengan proses operasi caesar, bukan berarti rutitinitas olahraga harus dihentikan. Sebaliknya, olahraga dan latihan fisik ringan juga disarankan untuk tetap dilakukan.

Manfaat rutin olahraga ini adalah menjaga kelenturan otot dan tubuh sehingga membantu proses operasi berjalan dengan lebih mudah. Selain itu, olahraga rutin selama hamil juga membantu pemulihan pasca operasi berjalan dengan lebih mudah dan cepat. Semakin rutin olahraga dilakukan selama proses kehamilan, maka Ibu akan semakin cepat pulih setelah menjalani operasi caesar.

Tags:

You Might also Like