Type to search

Kehamilan

Waspada! 8 Makanan dan Minuman ini Bisa Memicu Keguguran Ibu Hamil

Makanan dan minuman ibu hamil

Wanita yang tengah hamil memang perlu berhati- hati dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Hendaknya, makanan dan minuman tersebut kaya akan nutrisi dan vitamin yang mendukung kesehatan bumil dan juga calon buah hati.

Sebaliknya, bumil harus menghindari konsumsi makanan dan minuman yang tidak dianjurkan karena berbahaya untuk kandungan dan bisa menyebabkan keguguran. Itulah mengapa ibu hamil perlu wajib mengetahui makanan dan minuman apa saja yang perlu dihindari sepanjang masa kehamilan.

Dari berbagai sumber, ParentingCenter.id merangkum beberapa jenis makanan dan minuman yang memicu resiko keguguran pada ibu hamil seperti berikut ini :

1. Pepaya Muda

Buah pepaya muda atau yang belum matang mengandung getah atau lateks yang bila dikonsumsi bisa mengakibatkan kontraksi serta keguguran. Kebalikannya, buah pepaya yang telah matang malah dianjurkan untuk dikonsumsi bumil karena kaya akan serat yang baik untuk mencegah sembelit pada ibu hamil.

Jika ibu masih, cobalah untuk berkonsultasi lebih dulu pada dokter sebelum mengonsumsi buah yang satu ini. 

2. Nanas

Buah nanas kaya akan berbagai nutrisi yang sesungguhnya baik buat kesehatan bunda hamil serta janinnya. Akan tetapi, konsumsi buah nanas pada bumil tidak boleh berlebihan.

Pasalnya, buah nanas juga mengandung bromelain yang dapat melunakkan leher rahim serta menimbulkan kontraksi dini pada bunda hamil dan yang terburuk adalah meningkatkan resiko keguguran.

Jika ibu sedang ingin buah ini, sesekali boleh kok, bun. Tapi sedikit saja ya 🙂 

3. Daging Mentah atau Tidak Matang Sempurna

Daging setengah matang ataupun mentah cenderung mengandung bakteri tertentu seperti Salmonella, Listeria, E. coli serta Toksoplasma. Mengkonsumsi daging mentah atau tidak matang sempurna membuat bumil beresiko terkena bakteri- bakteri itu yang menyebabkan komplikasi serius pada bayi dan menimbulkan keguguran.

Bukan hanya daging saja, hal ini juga berlaku untuk telur, ikan, serta seafood yang dimasak setengah matang atau masih mentah. Untuk kesehatan ibu dan kandungan, pastikan ibu hanya mengonsumsi makanan yang diolah sampai matang selama kehamilan ya.

4. Susu Mentah

Susu dikenal sebagai konsumsi yang menyehatkan untuk semua orang, termasuk bumil. Akan tetapi, produk susu serta turunannya yang tidak melalui proses pasteurisasi atau masih mentah mengandung berbagai jenis kuman seperti Listeria monocytogenes.

Sama seperti daging dan olahan tidak matang di point ketiga, susu mentah juga beresiko menimbulkan komplikasi pada kehamilan Anda.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya sering digunakan sebagai obat natural untuk mencegah maag dan gangguan pencernaan. Namun, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi lidah buaya dalam bentuk makanan ataupun minuman.

Pasalnya, lidah buaya mengandung senyawa antrakuinon yang diduga berkontribusi pada kontraksi kandungan yang mengakibatkan terjadinya keguguran dini. Konsumsi lidah buaya juga bisa merendahkan kandungan glukosa darah yang bisa membahayakan ibu hamil dan janinnya.

Walaupun beresiko untuk dikonsumsi bunda hamil, namun belum ada riset lebih lanjut yang mengatakan adanya resiko pemakaian aloe vera pada zona kulit.

6. Kafein

Kafein juga menjadi salah satu jenis produk yang ibu hamil perlu hindari. Pasalnya, konsumsi kafein terlalu banyak bisa mengakibatkan keguguran serta kelahiran prematur. Jika ingin konsumsi kafein, batasi hanya 1- 2 cangkir per hari. Tetapi untuk lebih amannya, Kamu bisa konsultasikan terlebih dulu dengan dokter isi pertanyaan mengkonsumsi minuman berkafein.

7. Makanan Olahan dan Berpengawet

Makanan olahan dan yang mengandung pengawet seperti junk food tidak baik untuk kesehatan ibu hamil. Resiko ini semakin bertambah jika bumil mengkonsumsi junk food dalam jumlah yang banyak.

Karena itu, saat hamil, bumil wajib menjauhi konsumsi junk food serta memperbanyak konsumsi makanan yang bergizi.

8. Kepiting

Kepiting adalah salah satu makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi. Namun, makanan ini juga mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi.

Konsumsi kepiting bisa menyebabkan terbentuknya depresiasi kandungan yang menimbulkan pendarahan internal serta beresiko keguguran. Itulah mengapa ibu hamil sebaiknya menahan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan ini. 

Itulah daftar 8 makanan dan minuman yang harus dihindari ibu hamil karena bisa memicu keguguran. Jangan lupa untuk terus mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi dan vitamin untuk kesehatan bumil dan calon buah hati ya.

Semoga bumil & dedek sehat selalu sampai proses persalinan nanti 🙂

Tags:

You Might also Like