Type to search

Good Parenting

10+ Kegiatan Sederhana untuk Meningkatkan Bonding dengan Anak

Meningkatkan bonding bersama anak- anak

Ayah Bunda, apakah rutinitias harian yang dilakukan selama ini telah membuat Ayah Bunda kehilangan banyak waktu bersama buah hati? Meski mungkin mereka tidak mengeluh secara langsung, tapi kesibukan orangtua yang terlampau padat akan membuat mereka merasa kesepian dan menjauh. Lantas, bagaimana cara meningkatkan bonding bersama anak kembali?

 

Meningkatkan Bonding Bersama Anak dengan Cara Sederhana

Sebagai orangtua, wajib bagi kita untuk bisa membagi waktu antara karir dan keluarga. Jangan sampai karena sibuk berkarir, kita seolah- olah tidak mempunyai waktu bersama anak. Terutama saat anak- anak kita berada di tahapan usia yang membutuhkan pendampingan kita.

Di sela- sela kesibukan kita, berikut ini adalah hal- hal sederhana yang bisa kita lakukan bersama buah hati untuk meningkatkan bonding bersama mereka :

1. Membuat daftar rencana kegiatan menyenangkan bersama anak selama sebulan

Jika dalam dunia pekerjaan kita familiar dengan to-do-list, mengapa tidak menerapkan hal ini untuk meningkatkan bonding bersama keluarga? Coba lah untuk menyusun rencana kegiatan yang bisa Ayah Bunda lakukan bersama anak selama sebulan kedepan. Tidak perlu hal yang rumit, bisa berupa kegiatan akhir pekan atau membuat ritual harian.

Misalnya saja Ayah Bunda membuat ritual baru berpelukan setiap pagi sebelum mulai beraktifitas, olahraga pagi di Car Free Day setiap akhir pekan, jalan- jalan keluarga di awal bulan, ritual membacakan dongen untuk anak setiap malam sebelum tidur, dan sebagainya. Terdengar menyenangkan, bukan?

Yang lebih seru lagi, ajak anak untuk ikut mendiskusikan rencana ini. Mereka juga bisa menyumbangkan saran agar Ayah Bunda juga tahu apa saja hal- hal yang sebenarnya ingin dilakukan anak bersama orangtuanya.

 

2. Ajak Anak Belajar Menulis Cerita atau Surat

Ajak anak untuk mengungkapkan perasaannya terhadap orang- orang di sekitarnya melalui sepucuk surat. Surat ini bisa ditujukan untuk siapa saja yang ia kenal, misalnya tante om kakek nenek, ibu guru di sekolah, teman sekelas, atau petugas kebersihan di sekolahnya. Setelah menulis surat terseubt, ajak anak untuk berani memberikannya kepada orang- orang yang dipilihnya.

Jika anak- anak belum bisa menulis sendiri, maka Ayah Bunda dapt membantu menuliskannya. Anak juga bisa memberikan gambar lucu di surat yang ia tulis. Selain meningkatkan bonding dengan anak, kegiatan ini juga membantu Anda untuk belajar menulis dan berkreasi dengan pensil warna, spidol atau krayon.

 

3. Memasak Bersama di Akhir Pekan

Tidak ada salahnya mengajak anak untuk berkenalan dengan dunia dapur. Arahkan anak- anak untuk melakukan tugas yang bisa ia kerjakan, seperti mencuci sayuran atau mengaduk adonan. Anak- anak juga bisa diajak untuk memilih menu yang akan dibuat agar keseruan semakin lengkap. Kegiatan ini bisa Ayah Bunda lakukan di akhir pekan atau saat libur bekerja.

 

4. Membersihkan Rumah Bersama
Anak- anak memang paling jago untuk urusan membuat rumah berantakan. Namun, Ayah Bunda juga bisa mengenalkan mereka dengan aktifitas membersihkan rumah. Awali lah dengan memberi tugas yang sesuai dengan usianya. Misalnya tugas merapikan mainan ke dalam kotak, membuang benda- benda yang sudah tidak terpakai di rumah, meletakkan baju kotor ke bak cuci, atau mengelap kaca jendela.

Selain membuat rumah menjadi bersih, Ayah Bunda sekaligus akan mengenalkannya pada tanggung jawab baru dan keharusan untuk selalu membereskan mainannya setelah aktifitas bermain selesai.

 

5. Keseruan Berkebun

Berkebun juga bisa menjadi aktifias yang menyenangkan dilakukan bersama keluarga. Kenalkan buah hati tercinta dengan tanaman melalui aktifitas berkebung sederhana, seperti menyiram tanaman, merapikan pot bunga, dan menanam tanaman. Kegiatan ini sekaligus mengenalkan anak- anak pada alam agar kesadaran mereka untuk melindungi alam semakin tumbuh dan berkembang.

 

6. Berjalan Kaki Keliling Kompleks

Karena kesibukan sehari- hari, aktifitas sederhana ini bisa menjadi hal yang berat untuk dilakukan. Padahal, kegiatan ini sangat sederhana dan menyenangkan untuk dilakukan bersama- sama. Mungkin tidak perlu setiap hari, lakukan saja setiap akhir pekan. Dengan berjalan kaki sekitar 15 menit di pagi atau sore hari keliling kompleks, maka ini akan menjadi kegiatan menyenangkan yang ditunggu- tunggu setiap akhir pekan.

 

7. Piknik di Alam Terbuka

Setiap hari hanya berhadapan dengan televisi dan pekerjaan sehari- hari tentu sangat membosankan. Maka dari itu, cobalah untuk menikmati sejuknya melakukan aktifitas di alam terbuka. Tidak perlu jauh- jauh atau sampai ke luar kota, Ayah Bunda dapat merencanakan piknik kecil ini di taman dekat rumah. Jangan lupa bawa tikar kecil dan camilan untuk dinikmati ya 🙂

 

8. Buat Perjanjian Gadget Free Saat Melakukan Kegiatan Bersama

Gadget memang sering menjadi benda yang menjauhkan fokus Anda untuk menikmati waktu bersama keluarga. Maka dari itu, buat lah perjanjian untuk menjauh dari gadget saat melakukan kegiatan bersama- sama keluarga. Hal ini pasti akan membuat buah hati merasa lebih diperhatikan dan bersenang- senang

 

9. Kegiatan Kreatif untuk Melatih Imajinasi

Luangkan satu atau dua hari setiap harinya untuk menciptakan kegiatan kreatif yang bisa melatih imajinasi Anak. Misalnya saja membuat mainan mobil- mobilan dari kardus atau membuat kostum super hero dari koran bekas. Untuk hal yang satu ini, Anda bisa meminta si kecil untuk menyumbangkan idenya agar aktifitas kreatif ini menjadi sebuah kegiatan yang benar- benar ia sukai.

 

10. Kegiatan Satu Hari Satu Kebaikan

Satu hari satu kebaikan bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan sekaligus meningkatkan rasa empati dalam diri anak. Ajak anak untuk melakukan kegiatan satu kebaikan setiap hari pada orang lain. Kemudian di malam harinya, ajak anak untuk saling berbagi cerita tentang kebaikan apa saja yang sudah ia lakukan.

 

11. Ajak Anak untuk Bersyukur

Dalam satu sesi kegiatan bersama keluarga, misalnya saat makan malam bersama, ajak setiap anggota keluarga untuk menyebutkan satu hal yang paling mereka syukuri saat ini. Kegiatan ini bisa melatih anak untuk bersyukur dan menyadari betapa banyak keberuntungan yang ia dapatkan selama ini.

 

Ayah Bunda mungkin mempunyai ide lain yang bisa semakin meningkatkan bonding bersama anak?

 

Comments

comments

Tags:

You Might also Like