Type to search

Parenting Story

Surat Terbuka untuk Ibu yang Anaknya Mengamuk di Restoran Tanpa Sebab

Menghadapi anak Tantrum

Ayah Bunda, tantrum adalah bagian dari tumbuh kembang anak. Saat anak tantrum, terutama di tempat umum, orangtua kerap bingung harus berbuat apa. Rasanya malu, kesal, sedih atau bingung karena ada kekhawatiran tantrum anak mengganggu orang lain yang saat ini tengah berada di sekitarnya.

Sama seperti kisah orangtua yang anaknya tantrum di restoran tanpa sebab ini. Di restoran ini, buah hati tercinta mengamuk dan menangis keras. Saat melihat pemandangan ini, seorang pengunjung restoran menyampaikan surat terbuka kepada sang ibu.

Berikut isi suratnya :

Saat anak mengamuk di restoran

Saya sedang sibuk dengan aktivitas saya sendiri saat tangisan anak Anda menembus kesunyian restoran. Semua orang mulai memperhatikan Anda.

 

Panik, Anda meminta maaf pada kami selagi mencoba menenangkan anak yang mengamuk di tempat umum. Anak Anda benar-benar tantrum!

 

Anda mencoba mengalihkan perhatiannnya dengan boneka dan makanan, tapi sepertinya tidak ada yang berhasil. Anda mencoba memeluknya, tapi ia mendorong Anda agar menjauh.

 

Saya bisa merasakan bahwa Anda merasa kesal dan frustasi. Sebagai seorang ibu bukankah seharusnya Anda tahu bagaimana cara menenangkan anak Anda?

 

Saya hanya ingin Anda tahu bahwa kejadian anak mengamuk di tempat umum juga dialami oleh semua orangtua, bahkan orangtua terbaik sekalipun.

 

Anak Anda masih belajar mengelola perasaan dan emosinya. Sebagai orangtua, tentu rasanya bingung saat Anda tak bisa segera menenangkan anak yang mengamuk.

 

Tidak ada orangtua yang ingin melihat anaknya terluka atau kecewa, namun terkadang Anda perlu membiarkannya. Anak-anak perlu belajar mengendalikan emosi, tapi sekaligus mereka juga perlu tahu bahwa Anda ada di samping mereka.

 

Ketahuilah bahwa saya tidak menghakimi Anda. Hanya karena anak Anda sering mengamuk, bukan berarti Anda adalah orangtua yang buruk.
Itu semua hanyalah bagian dari perjalanan dalam membesarkan anak. Hidup itu sulit dan saat anak-anak tumbuh dewasa, ia akan mengalami kebahagiaan serta kesedihan.

 

Yang terpenting adalah Anda selalu berada di sana untuk memeluk mereka, untuk meyakinkan mereka bahwa mereka akan selalu memiliki cinta dan perhatian Anda. Bahkan jika sekarang anak mengamuk di restoran, semua akan baik-baik saja pada akhirnya.

 

Teruslah mencintainya dan perbanyak kesabaran Anda. Tunjukkan pada anak Anda bahwa saat ia kesal dan frustasi dengan kehidupan, Anda masih percaya bahwa ia adalah anak yang baik dan pandai.

 

Hal ini akan membantunya menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri. Mengetahui bahwa ia bisa jujur tentang perasaan, dan bahwa dirinya tidak membuat malu orangtuanya akan memberi anak rasa nyaman dan aman yang ia butuhkan sebagai bekal dalam menghadapi segala permasalahan dalam hidup.

Ya, Ayah Bunda memang tidak sendirian. Tantrum memang bagian dari tumbuh kembang anak yang harus dinikmati orangtua. Tidak perlu berkecil hati saat anak tantrum di depan umum. Dengan belajar menanganinya, kita semua bisa menjadi orangtua yang lebih  baik lagi

 

*Artikel diterjemahkan dari theAsianparent Filipina.

 

Comments

comments

Tags:

You Might also Like